Rekomendasi Lapangan Olahraga Terbaik Dunia

 

Lapangan Bulu Tangkis Terbaik Dunia

 

  1. Singapore Indoor Stadion

Ini adalah salah satu venue terbesar di singapura dan juga sebagai tempat hiburan olahraga yang ada di sana. Stadium ini juga berfungsi sebagai pusat Singapore Sport Hub.

Salah satu event atau kompetisi bulu tangkis yang sering diadakan di Singapore National Stadium adalah Singapore Open.

Venue ini dibangun atau didirikan pada tanggal 1 Januari tahun 1985. Biaya yang keluar untuk membangun stadion tersebut sebesar 90 juta dollar Singapura.

Kenzo Tange adalah salah satu nama arsitek Jepang yang mendesain gedung Singapore Indoor Stadium. Bangunannya berbentuk kerucut tak bertiang dan tanpa pilar.

Pembangunan Singapore Indoor Stadium ini hanya memakan waktu sekitar dua tahun. Susunan arena dalam venue ini mudah diatur dan disesuaikan khusus untuk hiburan dan olahraga.

Secara keseluruhan, gedung Singapore Indoor Stadium mampu menampung sebanyak 12.000 penonton.

Misalkan untuk orang yang bermain atau menonton olahraga berjumlah 8000-11.000 orang. Maka untuk pertunjukan musiknya berjumlah 7.000 sampai 8.000 orang.

Di belakang stadium ini  juga terdapat tepian kanal atau sungai yang dinamai dengan Stadium Waterfront. Stadion Singapore Indoor juga dilengkapi dengan berbagai dagangan seperti aneka kuliner dan juga bisa berbelanja di berbagai retail shops.

 

  1. Barclaycard Arena

Salah satu lapangan bulu tangkis yang paling bergengsi di dunia adalah Barclaycard Arena. Ini adalah salah satu lapangan yang selalu digunakan dalam penyelenggaraan turnamen bulu tangkis dunia, yakni All England.

BarclayCard Arena juga menjadi salah satu stadion tertua di dunia yang memiliki fasilitas yang lengkap dan mumpuni. Arena ini salah satu bagian bisnis dari keluarga NEC Group yang telah resmi dibuka pada tanggal 4 Oktober tahun 1991.

Kapasitas yang dimiliki oleh Barclaycard Arena cukup luas dan besar. Ia dapat menampung penonton sebanyak 15 ribu orang dengan fasilitas yang mewah dan eksklusif.

Kemewahannya bisa kamu lihat dari fasilitas yang telah disediakan. Mulai dari gaya arsitektur yang modern dengan terlihat luar biasa, pintu masuk dan bagian fasad venue dengan menggunakan kaca yang menghadap kanal.

Lalu lampu tiga pancang “Sky Needle” yang dipasang di arena stadion dan juga fasilitas-fasilitas lain yang tidak kalah mewahnya.

Selain bulutangkis, stadion ini juga sering digunakan untuk perhelatan olahraga-olahraga lainnya seperti judo, netball, tenis, atletik dan lainnya.

 

  1. Istora Senayan

Istora Senayan adalah salah satu stadion Bulu Tangkis terbaik di dunia. Walaupun kapasitas yang dimiliki oleh Istora Senayan tidak sebesar stadion lainnya.

Bisa dibilang, Istora Senayan adalah stadion termewah dan terbaik di dunia dengan kapasitas penonton paling sedikit.

Kapasitas yang bisa ditampung oleh Istora Senayan (concert capacity) adalah sekitar 7000 orang. Istora Senayan selalu mengadakan pertandingan atau kompetisi bergengsi khusus untuk bulu tangkis.

Kompetisi badminton yang selalu diadakan oleh Istora Senayan adalah Indonesia Masters, Indonesia Open, Asian Games, dan lain sebagainya.

Istora Senayan tampil menjadi lebih modern, lebih mewah dan luar biasa setelah mengalami renovasi. Stadion ini pernah di renovasi pada akhir tahun 2016 dan selesai di renovasi pada akhir tahun 2017.

Salah satu kemewahan yang bisa kita lihat setelah direnovasi adalah bagian kursi tribun. Kursi tribun yang ada di Istora Senayan tampak lebih bagus dibandingkan dengan kursi sebelum di renovasi.

Kursi tersebut kini sudah menjadi single seat dan warna yang digunakan lebih ke dominan abu-abu, putih dan hitam.

Pencahayaan yang digunakan di arena Istora Senayan tampak lebih cerah dan terang. Walaupun seperti itu, cahaya tersebut tidak membuat atlet atau pemain menjadi kepanasan.

 

Lapangan Bulu Basket Terbaik Dunia

 

  1. Sara D. Roosevelt Park, New York

Pernahkah kamu mendengar nama KAWS? Ia adalah seniman yang merancang gambar pada T-Shirt Uniqlo dan membuat publik heboh pada Juni lalu. Seni instalasinya juga dipajang di Modern Art Museum of Fort Worth, Amerika Serikat. Selain itu, KAWS juga mendesain permukaan lapangan basket dengan desainnya yang unik dan khas.

Ia mengubah dua lapangan basket di Taman Sara D. Roosevelt yang semula membosankan menjadi lebih atraktif dan meriah! Untuk mendesain lapangan basket ini, KAWS bekerja sama dengan Nike dan NYC Parks. Sesuai ciri khasnya, KAWS mendesain lapangan basket ini dengan desain pop art, jelas laman The Architect’s Newspaper.

 

  1. Angels Gate Park, San Pedro

Bagaimana rasanya bermain basket dengan pemandangan Samudera Pasifik yang indah dan biru? Sensasi ini bisa kamu rasakan di lapangan basket Angels Gate Park, San Pedro, California. Selain itu, kamu juga bisa melihat Pulau Santa Catalina di kejauhan.

Selain lapangan basket, ada beberapa hal menarik di Angels Gate Park, yaitu Korean Friendship Bell, bangunan bergaya Korea dengan sebuah lonceng besar sebagai bentuk persahabatan antara kedua negara. Selain itu, kamu juga bisa menjelajahi pesisir pantai yang bersih dan hamparan lautan biru yang indah.

 

  1. Pigalle, Paris

Di antara gedung-gedung tinggi nan kuno, ternyata ada lapangan basket yang sangat colorful! Mari berkenalan dengan Pigalle Basketball Court yang terletak di jalan Rue Duperré, Paris, Prancis. Lapangan basket yang selesai pada 2009 ini adalah proyek kerjasama antara Ill Studio dan Nike.

Warna yang dipilih untuk Pigalle Basketball Court ialah warna premier dengan gradien biru, oranye, ungu, dan merah muda, dilansir laman Vogue. Warnanya yang playful membuat lapangan basket ini terlihat berbeda jika dilihat dari jalan raya. Jika berkunjung kemari, jangan lupa untuk berfoto, ya!

 

 

Lapangan Sepak Bola Standar Internasional

 

Sebagaimana yang telah sebutkan di atas, bahwa ukuran lapangan sepak bola standar Internasional akan sedikit lebih luas dibandingan ukuran lapangan sepak bola yang berstandar Nasional.

 

Kenapa berbeda? Karena skala lapangan ini tidak hanya digunakan oleh pemain negeri tersebut saja. Akan tetapi juga digunakan oleh negara lain yang terlibat dalam pertandingan.

 

Jadi ukuran yang dimiliki oleh lapangan yang bertaraf Internasional adalah sebagi berikut;

 

Panjang lapangan yang memenuhi keriteria adalah 100 m sampai 110 meter

Sedangkan lebarnya adalah kisaran 64 meter sampai 75 meter.

Untuk ukuran gawanganya adalah lebar 7,32 meter dan tingginya 2,44 meter

 

Adapun ukuran kotak penalti sama dengan lapangan yang bertara Nasional.

Contoh Lapangan Sepak Bola di Indonesia Berstandar Internasional

 

  1. Stadion Gelora Bung Karno

Jika kalian mendengar nama stadion ini, maka pastinya sudah tidak asing lagi. Stadion GBK adalah salah satu contoh stadion yang masuk dalam taraf Internasional.

Makanya tidak heran bahwa lapangan ini pernah diunjungi oleh klub-klub terbesar di dunia seperti Manchester United, Chelsea, Liverpool dan Klub-klub lainnya.

Stadion ini dapat menampung penonton sebanyak 80.000 penonton.

 

  1. Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) terbilang stadion baru di Indonesia, karena stadion ini dibangun pada tahun 2013 tepat 4 tahun yang lalu. Walaupun baru, tapi stadion ini sudah memenuhi taraf Internasional.

Stadion ini tidak jauh dari stadion GBK, karena mulai dari desain nya, dan juga daya tampung penontonya.

 

  1. Harapan Bangsa Stadium

Markas klub sepak bola Persiraja banda aceh dan Atjeh United adalah Stadion Harapan Bangsa atau Stadion Lhong Raya. Pada tahun 2004 setelah terjadinya tsunami di banda aceh, stadion ini baru direnovasi.

Kapasitas stadion ini mencapai 45.000 jiwa. Pada tahun 2000 stadion tanah rancong ini sempat menjadi stadion termegah di Indoensia.

Namun karena kurangnya perawatan dan sempat terjadinya gempa, akhirnya gelar tersebut menjadi hilang. Namun, stadion ini menjadi diperhitungkan kembali karena pada tahun 2011 stadion ini direnovasi kembali.

 

  1. Stadion Patriot

Stadion Patriot dibangun pada tahun 1980 dengan kapasitas mencapai 30000 jiwa. Stadion ini terletak di Bekasi, Jawa Barat.

Pada tahun 1984 stadion ini dijadikan tuan rumah pekan olahraga daerah Jawa Barat IV. Pada tanggal 11 Maret tahun 2014 stadion ini resmi bertaraf Internasional setelah direnovasi.

Stadion juga merupakan kandang dari Persipasi Bekasi.

 

  1. Stadion Maguwoharjo

Salah satu stadion yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta adalah Stadion Maguwoharjo. Stadion ini adalah markas dari klub sepak bola PSS Sleman.

Pada tahun 2005 stadion ini di bangun, lalu akibat gempa bumi pada tanggal 27 Mei 2006 akhirnya stadion ini direnovasi pada tahun 2007.

Kapasitas yang dimiliki oleh Stadion Maguwoharjo adalah 40000 kursi duduk. Salah satu konsep yang digunakan oleh stadion ini adalah Mini San Siro agar terkesan dengan stadion sepakbola modern. Dengan ciri dari stadion ini adalah 4 menara disetipa penjuru lapangan.

Agar stadion ini terkesan dengan stadion modern ala eropa seperti Inggris, maka stadion ini tidak memiliki lintasan atletik, sehingga para pemain sepakbola lebih nyaman menggunakan stadion ini.

 

 

Previous articleWajib Kenal Alat Musik Melodis: Definisi, Jenis dan Fungsinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here